+62-21-566 3222

Jl. Kyai Tapa No.1, Grogol Jakarta 11440

triangle
Kurikulum Kelas Khusus
   Kurikulum Kelas Khusus

Program Studi Magister Manajemen Usakti mempunyai 3 (tiga) bidang konsentrasi untuk kelas khusus, yaitu : Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Para mahasiswa diwajibkan menyelesaikan 44 kredit, dengan rincian sebagai berikut :

Ket : * Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH MATA KULIAH KONSENTRASI
Marketing Financial & Risk Management Human Capital Management
XMI-603
Manajemen Sumber Daya Manusia / Human Resources Management

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan terkait proses rekrutmen dan penempatan tenaga kerja, pelatihan dan pengembangan, sistem kompensasi, hubungan tenaga kerja dan perusahaan dalam sistem industri..

3 3 3
XMI-606
Ekonomi Manajerial / Manajerial Economic

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami tentang pengimplementasian konsep dasar dari teori permintaan-penawaran, konsep perhitungan elastisitas, produksi dan analisa biaya, analisa struktur pasar serta analisis investasi proyek. Pada mata kuliah ini juga diberikan isu-isu strategis bagi organisasi.

3 3 3
XMD-602
Metode Kuantitatif / Quantitative Method

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman akan peranan dan aplikasi dari analisis kuantitatif sebagai salah satu alat bantu bagi manajer dalam proses pembuatan keputusan bisnis. Dengan demikian ruang lingkup konsep pembahasan diarahkan kepada pemahaman tentang pengetahuan dasar dari riset operasi, pemrograman matematika linear, serta interpretasi hasil dan analisa kepekaan. Pada mata kuliah ini juga diberikan isu-isu strategis bagi organisasi.

3 3 3
XMD-604
Ekonomi Lingkungan Bisnis dan Entrepreneurships / Business Environment Economics and Entrepreneurships

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar mengenai entrepreneurship, definisi dari berberapa ahli yang terkait dalam mata kuliah entrepreneurship, serta memberikan pemahaman mengenai proses pelaksanaan entrepreneurship, peran seorang entrepreneur dalam perekonomian suatu negara, tipe-tipe dari entrepreneur serta bagaimana caranya seorang entrepreneur dalam mengidentifikasikan peluang-peluang yang ada di pasar. Dalam mata kuliah ini juga digambarkan mengenai teknik dari seorang entrepreneur dalam melakukan analisis kekuatan dan kelemahan dari produk dan jasa yang ditawarkan di pasar. Entrepreneur juga harus dapat membuat suatu prencanaan baik jangka pendek dan jangka panjang yang tertuang dalam rencana bisnis (Business Plan) dan rencana pemasaran (Marketing Plan). Dalam mata kuliah ini juga diberikan pemahaman mengenai bagaimana seorang entrepreneur untuk masuk dalam lingkungan bisnis global dalam persaingan yang sangat kompetitif seperti saat ini serta juga dijelaskan mengenai exit strategi dan pemahaman mengenai kebangkrutan usaha yang tertuang dalam Bankruptcy Law.

3 3 3
  Total SKS Semester I 12 12 12
XMI-601
Manajemen Keuangan / Financial Management

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengertian yang mendalam tentang teori keuangan yang mendasari pengambilan keputusan dalam bidang keuangan, capital instruments, financial market and stock pricing, serta melatih dan mengembangkan tehnik-tehnik berbagai analisis keuangan yang digunakan untuk perencanaan, pengelolaan, investasi dan kontrol keuangan perusahaan

3 3 3
XMI-602
Manajemen Pemasaran / Marketing Management

Mata kuliah ini bertujuan untuk pengenalan terhadap manajemen pemasaran yang berfokus pada masalah-masalah yang dihadapi manajer pemasaran dalam mengukur peluang-peluang pasar serta pengalokasian upaya pemasaran. Mata kuliah ini Menekankan pada pembuatan keputusan dan perencanaan dalam konteks pemasaran.

3 3 3
XMD-601
Manajemen Strategik / Strategik Management

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengenalan akan peran penting manajemen strategik dalam manajemen perusahaan dan keterlibatannya untuk menghadapi perkembangan ekonomi di masa mendatang, dengan ruang lingkup yang sangat luas meliputi internal perusahaan dan eksternal perusahaan, termasuk juga perubahan global. Manajemen Strategik merupakan seperangkat keputusan manajerial dan action yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang, yang meliputi pengamatan lingkungan (environmental scanning), perumusan strategi (formulation strategy), penerapan strategi (implementation strategi), serta evaluasi dan kontrol (evaluation and control). Dengan demikian mata kuliah ini menekankan monitoring dan evaluasi atas kemungkinan-kemungkinan eksternal yang dapat menjadi peluang atau ancaman dan bagaimana strategi perusahaan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan tersebut melalui kekuatan dan kelemahan perusahaan. Dengan pemahaman yang demikian, maka pembuatan visi, misi, dan tujuan bisnis dapat dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan perusahaan. Dan akhirnya, menyusun dan menggunakan manajemen strategik dalam perusahaan dilakukan untuk mempertahankan agar perusahaan tetap dapat menghasilkan daya saing dalam lingkungan yang terus berubah.

3 3 3
XMP-701
Riset Pemasaran / Marketing Research

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat Magister serta melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian sebagai bagian dari karirnya dalam .bidang pemasaran. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode dasar penelitian. Komponen praktisnya adalah mengembangkan kecakapan membaca dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.

3 - -
XMK-706
Riset Manajemn Risiko Keuangan / Financial Risk Management Research

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat Magister di bidang keuangan dengan melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian khususnya di bidang keuangan dengan mengidentifikasi berbagai aktivitas di bidang keuangan, Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode pengolahan data, cara menginterpretasikan hash' pengolahan data hingga teknik penyusunan laporan penelitian di bidang keuangan. Komporien praktisnya adalah mengembangkan kecakapan membaca dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.

- 3 -
XMS-706
Riset Human Caiptal Managemen / Human Capital Management Research

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat Magister di bidang Surnber Daya Manusia dengan melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian khususnya di bidang Sumber Daya Manusia dengan mengidentifikasi berbagai aktivitas di bidang SDM. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode pengolahan data, cara menginterpretasikan hasii pengolahan data hingga teknik penyusunan laporan penelitian di bidang Sumber Daya Manusia. Komponen praktisnya adalah mengembangkan kecakapan membaca dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data

- - 3
  Total SKS Semester II 12 12 12
XMP-702
Pemasaran Strategik / Strategic Marketing

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenali peran penting pemasaran strategik dalam manajemen perusahaan dan keterlibatannya untuk menghadapi perkembangan ekonomi di masa mendatang. Pemasaran strategi adalah kegiatan yang sangat penting bagi setiap perusahaan, bukan hanya perusahaan-perusahaan besar yang memiliki departemen pemasaran. Pemasaran strategi penting juga bukan untuk manajer pemasaran saja, tetapi juga untuk orang-orang lain di dalam perusahaan. Pemasaran strategik dapat memiliki pengaruh yang besar bagaimana membuat konsumen puas atau Adak puas, berkenaan dengan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Banyak marketer menghabiskan sejumlah uang untuk meluncurkan produk dan tidak berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam proses produksi barang maupun jasa dari perusahaan tertentu. Padahal orang-orang inilah sebenarnya yang memerlukan pula apa itu strategi pemasaran. Pemasaran strategik biasanya mengacu pada kisah-kisah sukses di masa lampau, mereka berharap bahwa kesuksesan itu akan berulang lagi sekarang yang kemungkinan besarnya konteksnya sudah berubah sama sekali.

3 - -
XMP-703
Pemasaran International / International Marketing

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberi pengenalan terhadap pemasaran international yang berfokus pada masalah yang dihadapi manajer pemasaran dalam mengukur kesempatan yang ada pada pasar internasional. Mata kuliah ini menekankan pada perencanaan dan pengambilan keputusan pada konteks persaingan global.

3 - -
XMP-704
Pemasaran Jasa / Service Marketing

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengetahui the vital role of service play di bidang ekonomi saat ini dan masa yang akan datang. Di masa mendatang ekonomi dunia didominasi oleh jasa (services) dan perusahaan memandang jasa (services) sebagai hal yang penting untuk mempertahankan konsumen saat ini dan masa yang akan datang. Walaupun banyak perusahaan manufakturing di masa yang akan datang tergantung pada physical product bagi kehidupan saat ini, mereka juga harus menyadari bahwa jasa (services) juga tersedia, yang merupakan salah satu hal penting untuk tercapainya keunggulan bersaing. Sehingga dalam hal ini, diharapkan dapat mengetahui pentingnya perkembangan jasa dan tantangan unik yang akan dihadapi oleh seorang manajer yang bergerak di bidang jasa.

3 - -
XMP-706
Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran / Consumer Behavior and Marketing Strategy.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami masalah tentang perilaku konsumen berdasarkan pengertiannya, konsep dan teori perilaku konsumen. Mata kuliah ini memberikan kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yang relavan dalam proses pengambilan keputusan secara terpadu dalam strategi permasaran. Pembahasan menggunakan pendekatan multidisiplin dan berkaitan dengan psikologi, antropologi, sosiologi, dan komunikasi. Selanjutnya dibahas faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dal:am melakukan pembelian baik faktor eksternal seperti budaya, kelas sosial, dan sebagainya; serta faktor internal seperti sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi. Serta merumuskan strategi pemasaran untuk bermacam kondisi pasar strategi pemasaran untuk masuk pasar baru, pasar yang tumbuh, pasar yang dewasa dan menurun dan , strategi pemasaran untuk dunia jejaring secara digital.

3 - -
XMK-705
Rekayasa Keuangan / Financial Engineering

Mata kuliah yang mengekplorasi kondisi yang mendasari kebutuhan rekayasa keuangan, situasi ketidak pastian usaha, investasi dan situasi keuangan dalam berbagai bentuk menimbulkan resiko yang memerlukan antisipasi, tehnik, dan strategi penanggulangan yang optimal

- 3 -
XMK-703
Keuangan International / International Finance.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teori, kebijakan dan praktis tentang aspek makro dan mikro finance dari keuangan international dan Forex Rate Behavior serta memberikan kemampuan untuk menganalisis dan memecahkan permasalahan keuangan internasional yang meliputi Exchange rate Risk, Short -.Term. Asset dan Liabilities Management, dan Long - Term Asset & Liabilities Management. Mata Kuliah ini meliputi aspek makro dan mikro finance dari aktivitas Unit Makro Ekonomi (Negara/Pemerintah) dan Unit Mikro Ekonomi (Perusahaan / Organisasi / Perorangan) khususnya yang berkenaan dengan pengaruh fluktuasi kurs valas terhadap aktivitas ekonomi - perdagangan - keuangan internasional yang meliputi International Commercial Trasaction (Ekspor & Impor barang & jasa) dan/atau International Financial Trasaction (Investment, Financing, Budgeting, Earning & Hedging) dan Kinerja Keuangan (Liquiditas, Solvabilitas, Rentabilitas, Aktivitas & Growth Ratio). Untuk itu dalam kuliah ini akan dibahas keputusan keuangan perusahaan seperti pendanaan jangka pendek dan panjang, manajemen arus kas, biaya dan struktur modal, penganggaran modal, pengelolaaan modal kerja dan perdagangan international bagi perusahaan internasional dan multinational.

- 3 -
XMK-701
Analisis Investasi dan Manajemen Risiko / Analysis of Investment Risk Management

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengenalan terhadap pasar modal (capital market) yang berfokus pada masalah-masalah yang dihadapi manajer investasi dalam menentukan keseimbangan return (imbal hasil) dan resiko investasi di pasar modal. Mata kuliah ini menekankan pada pengambilan keputusan dan perencanaan dalam investasi di pasar modal

- 3 -
XMK-704
Manajemen Keuangan Strategik / Strategic Financial Management.

Mata kuliah ini akan mengupas tentang prinsip, teori, dan kerangka analitis manajemen keuangan perusahaan dalam jangka panjang yang dapat dipergunakan oleh para pimpinan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan keuangan perusahaan. Mata kuliah juga memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengerti teori manajemen keuangan perusahaan dan bagaimana mengaplikasikan pada kehidupan nyata yang mempunyai dampak pada penciptaan nilai berkelanjutan (generate lasting value impact).

- 3 -
XMI-608
Pengembangan Organisasi / Organization Development.

Mata kuliah ini fokus pada fondasi perubahan dan pengembangan organisasi, level dan tipe perubahan organisasional, proses dan intervensi pengembangan organisasi

- - 3
XMS-702
Kinerja Human Capital / Human Capital Performance.

Mafia kuliah ini memaparkan terkait filosofi, konsep-konsep dasar, model - model pengukuran kinerja, standar penilaian, tujuan dan manfaat, efetivitas penilaian kinerja, serta pemanfaatan hasil penilaian kinerja untuk pengembangan karir SDM.

- - 3
XMS-703
Mengelola Hubungan kerja Industrial / Managing Industrial Relation.

Mata kuliah Mengelola Hubungan Kerja Industrial (Managing Industrial Relation) diberikan untuk membahas konsep-konsep dan teknik-teknik yang terkandung dalam mata kuliah Mengelola Hubungan Kerja Industrial (Managing Industrial Relation). Mahasiswa diharapkan dapat menguasal ranah kognitif dan unsuc-unsur yang tercakup dalam mata kuliah ini, sehingga mampu menghayati dan menjalankan konsep-konsep, teori dan teknik-teknik tersebut secara mantap dan aplicable..

- - 3
XMS-704
Strategik Manajemen SDM dan Manajemen Talenta Individu / Strategic Human Resource and Talent Management.

Mata kuliah ini akan memberikan keterampilan Khusus dalam membuat kegiatan dan mengimplementasikan solusi bisnis menggunakan pendekatan Human Capital dan kompetensi individu; mampu mengevaluasi capaian prestasi human capital dalam penetapan tujuan bisnis, serta mampu membuat stratejik MSDM dan pengembangan talents setiap individu dalam organisasi.

- - 3
  Total SKS Semester III 12 12 12
XMI-609
Pengantar Manajemen Kualitas * / Introduction to Quality Management *

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami peranan dan pentingnya manajemen kualitas total (TQM) dalam meningkatkan daya saing bisnis. Dampak positif dari peningkatan daya saing bisnis adalah peningkatan profit melalui peningkatan kualitas suatu produk dan pelayanan sehingga memberi value kepada produk itu. Peningkatan value ini akan mendorong terlaksananya: attract customer, retain customer dan enhance customer relationship. Dengan demikian pelanggan tidak hanya puas tetapi juga meningkat samapi pada customer loyalty. Dalam mata kuliah ini mahasiswa juga diharapkan mampu memahami peranan dan kegunaan proses pengendalian kualitas dan reduksi biaya kualitas, pengukuran dan analisis kepuasan pelanggan serta mampu menerapkan prinsip-prinsip Total Quality Management. Selain itu diharapkan mahasiswa juga mampu memahami penerapan berbagai konsep kualitas dalam aktifitas bisnis/ perusahaannya, seperti konsep : 7 QC dan New 7 QC Tools, SPC, Lean, Six Sigma, Benchmarking dan just In Time

2 2 2
XMI-610
Hukum dan Etika Bisnis * / Legal and Ethical Issue in Business *

Mata kuliah ini bertujuan membahas teori-teori etika bisnis dan hukum bisnis serta aplikasinya dalam interaksi antara bisnis dengan pemangku kepentingan (stakeholders) utama, sejalan dengan upaya-upaya mengembangkan tatakelola yang baik (Good Corporate Governance) dan berdampak kepada peningkatan nilai perusahaan dan keunggulan kompetitif dari perusahaan dalam jangka panjang (sustainable competitive advantage). Dengan kata lain, mata kuliah ini bertujuan memberikan landasan berpikir bagi pengembangan bisnis yang sehat dan berintegritas berdasarkan penguasaan atas kapabilitas etika-moral dan hukum bisnis dengan memaparkan pemikiran–pemikiran filosofis bagaimana praktek kebijakan-kebijakan perusahaan yang seharusnya dikembangkan dan diterapkan secara bertanggung jawab menurut norma-norma moral atau etika dan norma-norma hukum yang berlaku.

2 2 2
XMI-700
Tesis / Thesis.

Tesis adalah karya tulis ilmiah mandiri yang ditulis dan disusun secara sistematik berdasarkan metoda ilmiah balk melalui penelitian induktif maupun penelitian deduktif yang dilakukan oleh mahasiswa di bawah pengawasan pembimbingnya. Karya ilmiah berupa tesis ini merupakan salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Magister Manajemen.

6 6 6
  Total SKS Semester IV 10 10 10
  TOTAL SKS 44 44 44