+62-21-566 3222

Jl. Kyai Tapa No.1, Grogol Jakarta 11440

triangle
   Kurikulum Kelas Reguler

Program Studi Magister Manajemen Usakti mempunyai 4 (empat) bidang konsentrasi yaitu : Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Produksi. Para mahasiswa diwajibkan menyelesaikan 44 kredit, dengan rincian sebagai berikut:

Ket : * Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH MATA KULIAH KONSENTRASI
Marketing Financial & Risk Management Human Capital Management Operation & Supply Chain Quality & Standardization
XM1-602
Manajemen Pemasaran / Marketing Management

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait kebutuhan, keinginan dan permintaan konsumen, memahami perilaku konsumen secara mendalam (marketing insights), membangun hubungan dengan pelanggan, membangun merek, mengembangkan program strategi pemasaran.

3 3 3 3 3
XMI-603
Manajemen Sumber Daya Manusia / Human Resources Management

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan terkait proses rekrutmen dan penempatan tenaga kerja, pelatihan dan pengembangan, sistem kompensasi, hubungan tenaga kerja dan perusahaan dalam sistem industri..

3 3 3 3 3
XMI-606
Ekonomi Manajerial / Manajerial Economic

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami tentang pengimplementasian konsep dasar dari teori permintaan-penawaran, konsep perhitungan elastisitas, produksi dan analisa biaya, analisa struktur pasar serta analisis investasi proyek. Pada mata kuliah ini juga diberikan isu-isu strategis bagi organisasi.

3 3 3 3 3
XMD-602
Metode Kuantitatif / Quantitative Method

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman akan peranan dan aplikasi dari analisis kuantitatif sebagai salah satu alat bantu bagi manajer dalam proses pembuatan keputusan bisnis. Dengan demikian ruang lingkup konsep pembahasan diarahkan kepada pemahaman tentang pengetahuan dasar dari riset operasi, pemrograman matematika linear, serta interpretasi hasil dan analisa kepekaan. Pada mata kuliah ini juga diberikan isu-isu strategis bagi organisasi.

3 3 3 3 3
XMD-604
Ekonomi Lingkungan Bisnis dan Entrepreneurships / Business Environment Economics and Entrepreneurships

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar mengenai entrepreneurship, definisi dari berberapa ahli yang terkait dalam mata kuliah entrepreneurship, serta memberikan pemahaman mengenai proses pelaksanaan entrepreneurship, peran seorang entrepreneur dalam perekonomian suatu negara, tipe-tipe dari entrepreneur serta bagaimana caranya seorang entrepreneur dalam mengidentifikasikan peluang-peluang yang ada di pasar. Dalam mata kuliah ini juga digambarkan mengenai teknik dari seorang entrepreneur dalam melakukan analisis kekuatan dan kelemahan dari produk dan jasa yang ditawarkan di pasar. Entrepreneur juga harus dapat membuat suatu prencanaan baik jangka pendek dan jangka panjang yang tertuang dalam rencana bisnis (Business Plan) dan rencana pemasaran (Marketing Plan). Dalam mata kuliah ini juga diberikan pemahaman mengenai bagaimana seorang entrepreneur untuk masuk dalam lingkungan bisnis global dalam persaingan yang sangat kompetitif seperti saat ini serta juga dijelaskan mengenai exit strategi dan pemahaman mengenai kebangkrutan usaha yang tertuang dalam Bankruptcy Law.

3 3 3 3 3
  Total SKS Semester I   15 15 15 15
XMI-601
Manajemen Keuangan / Financial Management

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengertian yang mendalam tentang teori keuangan yang mendasari pengambilan keputusan dalam bidang keuangan, capital instruments, financial market and stock pricing, serta melatih dan mengembangkan tehnik-tehnik berbagai analisis keuangan yang digunakan untuk perencanaan, pengelolaan, investasi dan kontrol keuangan perusahaan

3 3 3 3 3
XMI-602
Kapita Selekta Operasi dan Rantai Pasok * / Summary of Operations and Supply Chain *

Mata Kuliah ini membahas ruang lingkup dan menganalisis berbagai aspek manajemen operasional dan rantai pasok, serta mengkaji secara umum wawasan, penelitian maupun penerapan MORP/ OSCM di dunia bisnis, dunia akademis dan dunia konsultan (yang menjembatani antara bisnis dan 'akademis). Kajian pada ketiga lingkungan tersebut dilakukan balk pada berbagai institusi di dalam maupun di luar negeri. Dengan demikian mahasiswa diharapkan mampu memahami, mengkaji dan memberikan penjelasan terkait dengan permasalahan dan solusi MORP/ OSCM balk di dalam lingkungan bisnis, akademis dan lingkungan konsultan. Pada mata kuliah ini mahasiswa juga diajak untuk mengenal dunia praktisi lebih lanjut melalui kuliah tamu maupun kunjungan lapangan

- - - 2 -
XMI-609
Pengantar Manajemen Kualitas * / Introduction to Quality Management *

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami peranan dan pentingnya manajemen kualitas total (TQM) dalam meningkatkan daya saing bisnis. Dampak positif dari peningkatan daya saing bisnis adalah peningkatan profit melalui peningkatan kualitas suatu produk dan pelayanan sehingga memberi value kepada produk itu. Peningkatan value ini akan mendorong terlaksananya: attract customer, retain customer dan enhance customer relationship. Dengan demikian pelanggan tidak hanya puas tetapi juga meningkat samapi pada customer loyalty. Dalam mata kuliah ini mahasiswa juga diharapkan mampu memahami peranan dan kegunaan proses pengendalian kualitas dan reduksi biaya kualitas, pengukuran dan analisis kepuasan pelanggan serta mampu menerapkan prinsip-prinsip Total Quality Management. Selain itu diharapkan mahasiswa juga mampu memahami penerapan berbagai konsep kualitas dalam aktifitas bisnis/ perusahaannya, seperti konsep : 7 QC dan New 7 QC Tools, SPC, Lean, Six Sigma, Benchmarking dan just In Time

2 2 2 - 2
XMI-610
Hukum dan Etika Bisnis * / Legal and Ethical Issue in Business *

Mata kuliah ini bertujuan membahas teori-teori etika bisnis dan hukum bisnis serta aplikasinya dalam interaksi antara bisnis dengan pemangku kepentingan (stakeholders) utama, sejalan dengan upaya-upaya mengembangkan tatakelola yang baik (Good Corporate Governance) dan berdampak kepada peningkatan nilai perusahaan dan keunggulan kompetitif dari perusahaan dalam jangka panjang (sustainable competitive advantage). Dengan kata lain, mata kuliah ini bertujuan memberikan landasan berpikir bagi pengembangan bisnis yang sehat dan berintegritas berdasarkan penguasaan atas kapabilitas etika-moral dan hukum bisnis dengan memaparkan pemikiran–pemikiran filosofis bagaimana praktek kebijakan-kebijakan perusahaan yang seharusnya dikembangkan dan diterapkan secara bertanggung jawab menurut norma-norma moral atau etika dan norma-norma hukum yang berlaku.

2 2 2 2 2
XMD-601
Manajemen Strategik / Strategik Management

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengenalan akan peran penting manajemen strategik dalam manajemen perusahaan dan keterlibatannya untuk menghadapi perkembangan ekonomi di masa mendatang, dengan ruang lingkup yang sangat luas meliputi internal perusahaan dan eksternal perusahaan, termasuk juga perubahan global. Manajemen Strategik merupakan seperangkat keputusan manajerial dan action yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang, yang meliputi pengamatan lingkungan (environmental scanning), perumusan strategi (formulation strategy), penerapan strategi (implementation strategi), serta evaluasi dan kontrol (evaluation and control). Dengan demikian mata kuliah ini menekankan monitoring dan evaluasi atas kemungkinan-kemungkinan eksternal yang dapat menjadi peluang atau ancaman dan bagaimana strategi perusahaan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan tersebut melalui kekuatan dan kelemahan perusahaan. Dengan pemahaman yang demikian, maka pembuatan visi, misi, dan tujuan bisnis dapat dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan perusahaan. Dan akhirnya, menyusun dan menggunakan manajemen strategik dalam perusahaan dilakukan untuk mempertahankan agar perusahaan tetap dapat menghasilkan daya saing dalam lingkungan yang terus berubah.

3 3 3 3 3
XMP-701
Riset Pemasaran / Marketing Research

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat Magister serta melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian sebagai bagian dari karirnya dalam .bidang pemasaran. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode dasar penelitian. Komponen praktisnya adalah mengembangkan kecakapan membaca dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.

3 - - - -
XMK-706
Riset Manajemn Risiko Keuangan / Financial Risk Management Research

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat Magister di bidang keuangan dengan melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian khususnya di bidang keuangan dengan mengidentifikasi berbagai aktivitas di bidang keuangan, Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode pengolahan data, cara menginterpretasikan hash' pengolahan data hingga teknik penyusunan laporan penelitian di bidang keuangan. Komporien praktisnya adalah mengembangkan kecakapan membaca dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.

- 3 - - -
XMS-706
Riset Human Caiptal Managemen / Human Capital Management Research

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat Magister di bidang Surnber Daya Manusia dengan melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian khususnya di bidang Sumber Daya Manusia dengan mengidentifikasi berbagai aktivitas di bidang SDM. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode pengolahan data, cara menginterpretasikan hasii pengolahan data hingga teknik penyusunan laporan penelitian di bidang Sumber Daya Manusia. Komponen praktisnya adalah mengembangkan kecakapan membaca dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data

- - 3 - -
XMO-706
Riset Manajemen Operasi dan Mata Rantai Pasok / Research Operations And Supply Chain Management Research

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menulis tesis pada tingkat Magister dan membuat rencana penelitian secara sistematis serta saintifik serta memiliki kemampuan dalam mengolah data dan menganalisisnya. Dengan kata lain, mata kuliah ini membahas dan menganalisis berbagai aspek penelitian yang terkait dengan MORP/ OSCM mulai dari problem statement, studi literatur, pembuatan model penelitian, pembentukan hipotesis, uji hipotesis, analisis serta penarikan kesimpulannya. Di dalam mata kuliah ini, mahasiswa juga belajar metode untuk mengolah data dan menganalisisnya seperti analisis regresi dan SEM (structural equation modelling).

- - - 3 -

 

XMQ-706

Riset Mutu dan Standarisasi / Quality and Standardization Research

Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menulis tesis pada tingkat Magister dan membuat rencana penelitian secara sistematis serta saintifik serta memiliki kemampuan dalam mengolah data dan menganalisisnya seputar Sustainable development serta pengelolaan Community Development

 

-

 

-

 

-

 

-

 

3

  Total SKS Semester II   11 11 11 11
XMP-702
Pemasaran Strategik / Strategic Marketing

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenali peran penting pemasaran strategik dalam manajemen perusahaan dan keterlibatannya untuk menghadapi perkembangan ekonomi di masa mendatang. Pemasaran strategi adalah kegiatan yang sangat penting bagi setiap perusahaan, bukan hanya perusahaan-perusahaan besar yang memiliki departemen pemasaran. Pemasaran strategi penting juga bukan untuk manajer pemasaran saja, tetapi juga untuk orang-orang lain di dalam perusahaan. Pemasaran strategik dapat memiliki pengaruh yang besar bagaimana membuat konsumen puas atau Adak puas, berkenaan dengan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Banyak marketer menghabiskan sejumlah uang untuk meluncurkan produk dan tidak berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam proses produksi barang maupun jasa dari perusahaan tertentu. Padahal orang-orang inilah sebenarnya yang memerlukan pula apa itu strategi pemasaran. Pemasaran strategik biasanya mengacu pada kisah-kisah sukses di masa lampau, mereka berharap bahwa kesuksesan itu akan berulang lagi sekarang yang kemungkinan besarnya konteksnya sudah berubah sama sekali.

3 - - - -
XMP-703
Pemasaran International / International Marketing

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberi pengenalan terhadap pemasaran international yang berfokus pada masalah yang dihadapi manajer pemasaran dalam mengukur kesempatan yang ada pada pasar internasional. Mata kuliah ini menekankan pada perencanaan dan pengambilan keputusan pada konteks persaingan global.

3 - - - -
XMP-704
Pemasaran Jasa / Service Marketing

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengetahui the vital role of service play di bidang ekonomi saat ini dan masa yang akan datang. Di masa mendatang ekonomi dunia didominasi oleh jasa (services) dan perusahaan memandang jasa (services) sebagai hal yang penting untuk mempertahankan konsumen saat ini dan masa yang akan datang. Walaupun banyak perusahaan manufakturing di masa yang akan datang tergantung pada physical product bagi kehidupan saat ini, mereka juga harus menyadari bahwa jasa (services) juga tersedia, yang merupakan salah satu hal penting untuk tercapainya keunggulan bersaing. Sehingga dalam hal ini, diharapkan dapat mengetahui pentingnya perkembangan jasa dan tantangan unik yang akan dihadapi oleh seorang manajer yang bergerak di bidang jasa.

3 - - - -
XMP-706
Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran / Consumer Behavior and Marketing Strategy.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami masalah tentang perilaku konsumen berdasarkan pengertiannya, konsep dan teori perilaku konsumen. Mata kuliah ini memberikan kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yang relavan dalam proses pengambilan keputusan secara terpadu dalam strategi permasaran. Pembahasan menggunakan pendekatan multidisiplin dan berkaitan dengan psikologi, antropologi, sosiologi, dan komunikasi. Selanjutnya dibahas faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dal:am melakukan pembelian baik faktor eksternal seperti budaya, kelas sosial, dan sebagainya; serta faktor internal seperti sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi. Serta merumuskan strategi pemasaran untuk bermacam kondisi pasar strategi pemasaran untuk masuk pasar baru, pasar yang tumbuh, pasar yang dewasa dan menurun dan , strategi pemasaran untuk dunia jejaring secara digital.

3 - - - -
XMK-705
Rekayasa Keuangan / Financial Engineering

Mata kuliah yang mengekplorasi kondisi yang mendasari kebutuhan rekayasa keuangan, situasi ketidak pastian usaha, investasi dan situasi keuangan dalam berbagai bentuk menimbulkan resiko yang memerlukan antisipasi, tehnik, dan strategi penanggulangan yang optimal

- 3 - - -
XMK-703
Keuangan International / International Finance.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teori, kebijakan dan praktis tentang aspek makro dan mikro finance dari keuangan international dan Forex Rate Behavior serta memberikan kemampuan untuk menganalisis dan memecahkan permasalahan keuangan internasional yang meliputi Exchange rate Risk, Short -.Term. Asset dan Liabilities Management, dan Long - Term Asset & Liabilities Management. Mata Kuliah ini meliputi aspek makro dan mikro finance dari aktivitas Unit Makro Ekonomi (Negara/Pemerintah) dan Unit Mikro Ekonomi (Perusahaan / Organisasi / Perorangan) khususnya yang berkenaan dengan pengaruh fluktuasi kurs valas terhadap aktivitas ekonomi - perdagangan - keuangan internasional yang meliputi International Commercial Trasaction (Ekspor & Impor barang & jasa) dan/atau International Financial Trasaction (Investment, Financing, Budgeting, Earning & Hedging) dan Kinerja Keuangan (Liquiditas, Solvabilitas, Rentabilitas, Aktivitas & Growth Ratio). Untuk itu dalam kuliah ini akan dibahas keputusan keuangan perusahaan seperti pendanaan jangka pendek dan panjang, manajemen arus kas, biaya dan struktur modal, penganggaran modal, pengelolaaan modal kerja dan perdagangan international bagi perusahaan internasional dan multinational.

- 3 - - -
XMK-701
Analisis Investasi dan Manajemen Risiko / Analysis of Investment Risk Management

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengenalan terhadap pasar modal (capital market) yang berfokus pada masalah-masalah yang dihadapi manajer investasi dalam menentukan keseimbangan return (imbal hasil) dan resiko investasi di pasar modal. Mata kuliah ini menekankan pada pengambilan keputusan dan perencanaan dalam investasi di pasar modal

- 3 - - -
XMK-704
Manajemen Keuangan Strategik / Strategic Financial Management.

Mata kuliah ini akan mengupas tentang prinsip, teori, dan kerangka analitis manajemen keuangan perusahaan dalam jangka panjang yang dapat dipergunakan oleh para pimpinan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan keuangan perusahaan. Mata kuliah juga memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengerti teori manajemen keuangan perusahaan dan bagaimana mengaplikasikan pada kehidupan nyata yang mempunyai dampak pada penciptaan nilai berkelanjutan (generate lasting value impact).

- 3 - - -
XMI-608
Pengembangan Organisasi / Organization Development.

Mata kuliah ini fokus pada fondasi perubahan dan pengembangan organisasi, level dan tipe perubahan organisasional, proses dan intervensi pengembangan organisasi

- - 3 - -
XMS-702
Kinerja Human Capital / Human Capital Performance.

Mafia kuliah ini memaparkan terkait filosofi, konsep-konsep dasar, model - model
pengukuran kinerja, standar penilaian, tujuan dan manfaat, efetivitas penilaian
kinerja, serta pemanfaatan hasil penilaian kinerja untuk pengembangan karir SDM.

- - 3 - -
XMS-703
Mengelola Hubungan kerja Industrial / Managing Industrial Relation.

Mata kuliah Mengelola Hubungan Kerja Industrial (Managing Industrial Relation) diberikan untuk membahas konsep-konsep dan teknik-teknik yang terkandung dalam mata kuliah Mengelola Hubungan Kerja Industrial (Managing Industrial Relation). Mahasiswa diharapkan dapat menguasal ranah kognitif dan unsuc-unsur yang tercakup dalam mata kuliah ini, sehingga mampu menghayati dan menjalankan konsep-konsep, teori dan teknik-teknik tersebut secara mantap dan aplicable..

- - 3 - -
XMS-704
Strategik Manajemen SDM dan Manajemen Talenta Individu / Strategic Human Resource and Talent Management.

Mata kuliah ini akan memberikan keterampilan Khusus dalam membuat kegiatan dan mengimplementasikan solusi bisnis menggunakan pendekatan Human Capital dan kompetensi individu; mampu mengevaluasi capaian prestasi human capital dalam penetapan tujuan bisnis, serta mampu membuat stratejik MSDM dan pengembangan talents setiap individu dalam organisasi.

- - 3 - -
XMO- 701
Manajemen Rantai Pasok / Supply Chain Management.

Mata Kuliah ini mernbahas dan menganalisis berbagai aspek rantai pasok mulai dari planning, sourcing, making, distribution dan return. Di dalamnya juga dikaji secara teoritis maupun studi kasus terkait dengan supply chain network, supply chain business process clan supply chain management component. Setelah mendapatkan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami, mengkaji dan membuat peta rantai pasok secara komprehensif yang meliputi supply chain network, supply chain business process dan supply chain management component dalam satu lingkungan usaha/ bisnis baik manufaktur maupun services. Mahasiswa juga mampu memahami cara meningkatkan kinerja rantai pasok melalul tahapan yang sudah ditentukan.

- - - 3 -
XMO-704
Manajemen Kinerja / Performance Management.

Mata Kuliah Manajemen Kinerja merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yaitu, Prinsip Dasar Manajemen Kinerja dan karakteristik Kinerja; Proses dan Siklus Manajemen Kinerja; Efektifitas Penerapan Manajemen Kinerja; Proses Perencanaan dan Pengembangan Kinerja; Penilaian dan Peningkatan Kinerja; Evaluasi Manajemen Kinerja; Peran Manajemen Kinerja.

- - - 3 -
XMO-705
Manajemen Operasi / Operation Management.

Mata kuliah ini akan mengupas secara optimal terkait strategi manajemen operasi; menganalisis teknologi proses; menganalisis penerapan layout dan lokasi dalam manajemen operasi; menganalisis manajemen kualitas; menganalisis perencanaan sumber dayaamenganalisis pengelolaan persecliaan; menganalisis sistem produksi tepat waktu; menganalisis penyelesaian proyek; menganalisis supply chain management.

- - - 3 -
XMO-707
Peningkatan Kualitas dan Six Sigma / Quality Improvement and Six Sigma.

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman perlunya pengoperasian sistem terintegrasi pada suatu organisasi manufakturing maupun organisasi jasa secara efisien dan produktif guna peningkatan kualitas produk maupun proses yang dihasilkan. Six sigma yang merupakan salah satu metode perbaikan untuk meningkatkan kualitas produk dengan cara mengurangi cacat produk yang terjadi. Metode ini bertujuan untuk mengurangi tingkat variasi dan defect pada proses, sehingga dapat dihasilkan kualitas yang lebih balk dengan lima langkah yakni Define, Measure, Analyze, Improve, Control (DMAIC).

- - - 3 -
XMQ-701
Standar Berbasis Konsensus dan Sukarela / Standards Based Consensus and Voluntary.

Tujuan utama standardisasi adalah melindungi produsen, konsumen, tenaga kerja dan masyarakat dari aspek keamanan, keselamatan, kesehatan dan kelestarian fungsi lingkungan. Penerapan standar secara sukarela (voluntary) didasarkan oleh inisiatif dari organisasi/personel sendiri. Tentunya upaya untuk menerapkan standar tersebut dilakukan dengan tujuan tertentu, misalnya untuk memberi jaminan bahwa produk sesuai dengan keinginan konsumen karena konsumen menginginkan produk dengan mutu tertentu. Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami konsep pengembangan standardisasi secara konsensus dan penerapan standar secara sukarela (voluntary), serta peranan dan kegunaan proses standardisasi dalam rangka menghasilkan produk/jasa yang bermutu dan mempunyai daya saing dalam transaksi global.

- - - - 3
XMQ-703
Standar Sistem Manajemen Untuk Keberlanjutan / Standards Management System For Sustainability.

Integrasi manajemen sistem standar bertujuan untuk merancang suatu system manajemen yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Integrasi dapat dilakukan melalui dua cara: integrasi parsial dan integrasi penuh. Integrasi parsial berarti organisasi masih memisahkan sebagian dokumen tertentu dan sebagian lainnya memiliki prosedur yang generic yang berlaku untuk ISO 9001, ISO 14001 dan ISO 18001. Sedangkan integrasi penuh berarti perusahaan hanya memiliki satu manual yang menjelaskan keseluruhan sistem ISO 9001;14001 dan 18001. Keputusan akan menerapkan integrasi parsial atau integrasi penuh merupakan keputusan strategis perusahaan.

- - - - 3
XMQ-704
Dampak Asesmen dan Manajemen Resiko / Impact Assessment and Risk Management.

Salah satu pendekatan sering dilakukan dalarn menghadapi risiko dalam organisasi atau perusahaan salah satunya yaitu menerapkan konsep manajemen risiko mulai diperkenalkan di bidang keselamatan dan kesehatan kerja pada era tahun 1980-an setelah berkembangnya teori Accident Model dari ILCI dan juga semakin maraknya isu lingkungan dan keselamatan dan kesehatan keja. Tujuan dari manajemen risiko adalah minimalisasi kerugian dan meningkatkan kesempatan ataupun peluang. ISO 31000: 2009 Risk Management - Principles and Guidelines merupakan sebuah standar internasional yang disusun dengan tujuan memberikan prinsip dan panduan generik untuk penerapan manajemen risiko. Standar internasional yang diterbitkan pada 13 November 2009 ini dapat digunakan oleh segala jenis organisasi dalam menghadapi berbagai risiko yang melekat pada aktivitas mereka. Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami konsep ISO 31000:2009 dan memahami peranan dan kegunaan ISO 31000:2009 dalarn usaha menjamin penerapan manajemen risiko yang efektif di dalam organisasi.

- - - - 3
XMQ-705
Penilaian Kesesuaian / Conformity Assesment..

Pada saat suatu standar digunakan sebagai dasar dalam proses transaksi, pihak yang bertransaksi memerlukan bukti-bukti obyektif dan relevan untuk menunjukkan bahwa persyaratan yang ditetapkan dalam standar tersebut dipenuhi oleh produk atau jasa yang ditransaksikan. Untuk memenuhi kegiatan tersebut dilakukan sebuah kegiatan yang dikenal dengan istilah "Penilaian Kesesuaian". Penilaian Kesesuaian merupakan istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan seluruh kegiatan yang ditujukan untuk memberikan bukti-bukti bahwa produk, proses atau jasa memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam suatu standar. Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami konsep penilaian kesesuaian dan memahami peranan penilaian kesesuaian dalam transaksi perdagangan intemasional.

- - - - 3
  Total SKS Semester III 12 12 12 12 12
XMI-700
Tesis / Thesis.

Tesis adalah karya tulis ilmiah mandiri yang ditulis dan disusun secara sistematik berdasarkan metoda ilmiah balk melalui penelitian induktif maupun penelitian deduktif yang dilakukan oleh mahasiswa di bawah pengawasan pembimbingnya. Karya ilmiah berupa tesis ini merupakan salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Magister Manajemen.

6 6 6 6 6
  Total SKS Semester IV 6 6 6 6 6
  TOTAL SKS 44 44 44 44 44